RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : MINU WARU I
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : III / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
C.
INDIKATOR
1.1.1
Menyimak cerita yang
dibacakan teman
1.1.2
Menjawab pertanyaan sesuai
bacaan yang benar
1.1.3
Menyebutkan watak tokoh yang
ada dalam cerita
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu menyimak
cerita yang dibacakan teman dengan cermat
2.
Siswa mampu menjawab
pertanyaan sesuai bacaan dengan benar setelah menyimak cerita yang dibacakan
teman
3.
Siswa mampu menyebutkan watak
tokoh yang ada dalam cerita, dengan baik dan benar setelah melakukan diskusi
kelompok
E.
KARAKTER
SISWA YANG DI HARAPKAN
1.
Ketelitian
2.
Kecermatan
3.
Keberanian
4.
Percaya diri
F.
MATERI
PEMBELAJARAN
Cerita
anak untuk dibacakan
G.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah,
Tanya-jawab, Numbered Heads Together, Demonstrasi, Penugasan
H.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media
a)
Power point
b)
Topi ulang tahun
c)
Teks cerita
d)
Lagu
2.
Sumber Belajar
a)
LKS Bahasa
Indonesia kelas 3
b)
Kitab Bahasa
Indonesia kelas 3
c)
Sumber lain yang
relevan
I.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode
|
Media
|
|
5 menit
|
1.
Kegiatan
Awal
|
Ceramah
|
___
|
|
a.
Guru mengkondisikan kelas (memberi salam, menanyakan kabar,
mengecek kehadiran siswa dan mengajak siswa berdoa bersama untuk memulai pelajaran)
|
||||
b. Motivasi : Guru mengajak siswa untuk
bernyanyi.
|
Bernyanyi
|
Power point
|
||
c.
Apersepsi: melakukan tanya jawab mengenai teks pendek
·
Pernahkah kalian mendengarkan ibumu bercerita?
|
Tanya jawab
|
Power point
|
||
d.
Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran yang akan
dicapai tentang “cerita anak”
|
Ceramah
|
Power point
|
||
60 menit
|
2.
Kegiatan
Inti
|
Intruksi guru
|
LKS Bahasa
Indonesia
|
|
Eksplorasi
|
||||
a.
Siswa diminta untuk menyiapkan materi yang akan dibahas
dalam pertemuan ini
|
||||
b. Guru
meminta siswa untuk membaca LKS Bahasa IndonesIA
|
|
LKS Bahasa Indonesia
|
||
Elaborasi
|
|
|
||
a. Guru menyampaikan informasi
mengenai kegiatan yang akan dilakukan siswa secara berkelompok
|
Ceramah
|
Teks
cerita
|
||
b. Guru
membentuk siswa menjadi 5 kelompok
|
Intruksi guru
|
|
||
c.
Setiap siswa
mendapatkan topi ulang tahun yang ada tulisan angkanya.
|
|
Topi ulang tahun
|
||
d. Guru
memberikan lembar kerja siswa kepada setiap kelompok
|
Penugasan
|
Lembar Kerja Siswa
|
||
e.
Guru memanggil
siswa dengan nomor secara acak pada setiap kelompok secara bergantian
|
Performance
|
|
||
f. Siswa
diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
|
Penugasan
|
Lembar kerja siswa
|
||
Konfirmasi
|
|
|
||
a. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi
dari setiap kelompok
|
Ceramah
|
Buku
paket
|
||
b.
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum dimengerti.
|
Tanya Jawab
|
|
||
|
||||
5 menit
|
3. Kegiatan
Penutup
|
|
|
|
a. Guru bersama
seluruh siswa merefleksikan materi yang telah dipelajari hari ini tentang teks pendek
|
Tanya jawab
|
|
||
b. Guru meminta siswa untuk mempelajari ulang materi
yang baru diberikan ketika di rumah masing-masing dan memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah
|
Ceramah
&
Penugasan
|
LKS
Bahasa indonesia
|
||
c.
Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
|
Ceramah
|
LKS Bahasa
Indonesia
|
||
d. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
Ceramah
|
__
|
J.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.1.1
Menyimak cerita yang dibacakan teman
|
Non tes
|
Performance
|
Coba dengarkan cerita yang akan dibacakan oleh temanmu!
|
1.1.2
Menjawab pertanyaan sesuai bacaan yang benar
|
Tes tertulis
|
Portofolio
(Lembar Kerja Siswa)
|
Setelah mendengarkan cerita di atas, cobalah
untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
a. Siapa tokoh dalam cerita berjudul ”Ikan Mas
Ade” di depan?
b. Siapa yang memberi ikan mas koki kepada Ade?
c. Mengapa Ade menangis dan bersedih?
d. Bagaimana pesan kakek kepada Ade?
e. Apa yang dilakukan Ade setelah ikannya mati?
f. Siapa yang menasehati Ade agar tidak bersedih?
|
1.1.3
Menyebutkan watak tokoh yang ada dalam cerita
|
Non tes
|
Performance
|
a. Bagaimana watak tokoh dalam cerita tersebut?
|
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Kelompok :
a. Siapa tokoh dalam cerita berjudul “Ikan Mas Ade” di depan?
b. Bagaimana watak tokoh dalam cerita tersebut?
c. Mengapa Ade sangat menyayangi ikan peliharaannya?
d. Apa yang dilakukan Ade pada ikannya sebelum berangkat
sekolah?
e. Siapa yang memberi ikan mas kokikepada Ade?
f. Kapan Ade menerima hadiah ikan mas koki?
g. Mengapa Ade menangis dan bersedih?
h. Bagaimana pesan kakek kepada Ade?
i. Apa yang dilakukan Ade setelah ikannya mati?
j. Siapa yang menasehati Ade setelah ikannya mati?
Coba
sekarang sampaikan pendapatmu secara lisan di depan kelas!
|
Kunci
Jawaban & Penskoran penilaian tertulis:
No
|
Jawaban
|
Bentuk
Instrumen
|
Keterangan
|
Skor
/ Jumlah Nilai
|
1
|
Ade,
Ayah, dan kakek
|
Uraian
singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
2
|
Ade
wataknya : penyayang
Ayah
wataknya : sabar
Kakek
wataknya : baik
|
Uraian
singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
3
|
Karena
ikan itu pemberian terakhir kakek sebelum meninggal
|
Uraian
singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
4
|
Memberi makan ikan
|
Uraian
singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
5
|
Kakek
|
Uraian
singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
6
|
Pada saat Ade ulang tahun
|
Uraian
singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
7
|
Semua ikan-ikan yang ada di akuarium
mati
|
Uraian singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
8
|
Ade disuruh untuk memelihara ikan
dengan baik
|
Uraian singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
9
|
Ade memasukkan ikannya ke dalam lubang
dan menimbunnya
|
Uraian singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
10
|
Ayah
|
Uraian singkat
|
Jawaban
Benar
|
10
|
Jumlah
|
100
|
Sidoarjo, 03 September 2013
Guru Pamong Guru PPL
Anjar Budi Setiawati,S.Pd.I Chamidatun
Ni’mah
NIP/NIK:………………… NIM
:D07210040
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
Dr. Hanun Asrohah, M.Ag
NIP/NIK:…………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar