Senin, 05 November 2012

tugas metodologi penelitian


      permasalahan

 Dewasa ini yang sering terjadi di sekolah-sekolah dasar maupun madarasah ibtidaiyah, pada saat pelajaran IPS sedang berlangsung maka banyak sekali siswa-siswa yang mengantuk pada saat mereka sedang menerima pelajaran, ini di sebabkan oleh gurunya yang tidak pernah mengajak para siswa untuk belajar di luar kelas, selain itu guru juga selalu menggunakan metode ceramah, sehingga siswa bosan, dan tidak bersemangat.
      Terkadang guru bingung bagaimana caranya supaya para siswa bias memperhatikan penuh pada saat pelajaran IPS berlangsung. Sebenarnya banyak sekali metode-metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran IPS, namun para guru sering menggunakan metode ceramah dan akhirnya membuat para siswa bosan dan mengantuk.
     Di sini saya akan mencoba untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode “role playng”. Metode role playing merupakan suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup maupun benda mati. (Prasetyo, 2001).

 saran-saran :
1. guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas.
2. guru menggunakan metode role playing dalam pembelajaran IPS.

Harapan :
siswa tidak mengantuk pada saat jam pelajaran IPS, dan juga mereka bersemangat dan memperhatikan ketika mendengarkan guru sedang menjelaskan materi.

judul : meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role-playing pada pelajaran IPS MI pada materi jual beli di lingkungan rumah dan di sekolah



 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar